Jakarta Timur MUI Kota

RAKERDA III & Seminar Mudzakarah MUI JAKTIM 2023 Berjalan Lancar dan Sukses – Majelis Ulama Indonesia


Alhamdulillah Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) III & Seminar Mudzakarah Majelis Ulama Indonesia Kota Administrasi Jakarta Timur 2023 Berjalan Lancar dan Sukses.

Bogor, 21/22 Oktober 2023 – Tidak terasa Majelis Ulama Kota Administratif Jakarta Timur akan memasuki tahun ke-4. Lembaga yang mewadahi ulama dan cendikia islam di wilayah kota Jakarta Timur ini telah menunjukkan peran pentingnya selama tiga tahun terakhir, dalam memberikan arahan, pendapat, dan pembinaan terkait berbagai isu kehidupan umat Islam di Indonesia.

Sebagai lembaga keagamaan utama, MUI Jakarta Timur memiliki tanggung jawab untuk menanggapi berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi di masyarakat. Salah satu cara untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutan program kerja MUI Jaktim adalah melalui rapat kerja daerah (RAKERDA III).

Dalam upaya merespon situasi sosial dan politik di tahun 2024, Ketua Umum MUI Kota Administrarif Jakarta Timur, Dr. KH. Didi Supandi, Lc., M.A. menyampaikan RAKERDA kali ini penting untuk mengangkat tema besar, yaitu “Urgensi Ulama Merawat Kedamaian dan Kesejukan Sosial Demi Pemilu Damai dan Sukses Jakarta Untuk Indonesia”. Kegiatan ini memiliki tujuan penting, mulai dari menyusun agenda dan program kerja MUI Kota Administrasi Jakarta Timur untuk periode 2024-2025, hingga membahas berbagai isu terkini yang berkaitan dengan kehidupan umat Islam di Jakarta Timur.

Di lokasi yang sama, selain rakerda juga digelar Mudzakarah dengan tema menarik, yaitu “Ulama, Ummat Islam dan Tantangan Pemilu 2024: Antara Polarisasi Bangsa dan Integritas Penyelenggara”. Acara ini dibuka oleh Walikota Jakarta Timur yang diwakili oleh Sekretaris Kota Jakarta Timur Bapak Kusmanto disisi lain RAKERDA menghadirkan narasumber-narasumber pembekalan yang kompeten seperti Buya Risman (PLT KETUM MUI DKI Jakarta), H. Aceng Zaini, M.H (Plt. Kepala Biro Dikmental Setda Prov. DKI Jakarta), KH. Lutfi Hakim, M.A (Wakil Ketua PWNU DKI /Ketua Forum Betawi Rempug), Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Dr. Leonardus Simarmata, S.sos, MH. M.han, untuk memberikan pembekalan kepada peserta RAKERDA dan hadir pula tamu istimewah, Gus Mahrus Iskandar (Pimpinan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta).

Sementara dalam kegiatan Muzakarah diisi oleh dua narasumber utama yaitu Wakil Ketua PW NU DkI Jakarta, Bapak H. Husny Mubarok, S.Th.I, M.IKom ( Wakil Ketua PWNU DKI dan Guru Besar Universitas Muhammadyah Jakarta, Prof. Dr. H. Agus Suradika, M.Pd. Session Muzakarah kali berjalan seru dengan diskusi yang hangat dan akrab seputar peran ulama dan ummat Islam dalam menghadapi dinamika politik menjelang Pemilu 2024.

dan sebagai hal utama dalam kegiatan ini Ketum MUI Kota Jakarta Timur Dr. K.H. Didi Supandi, Lc., M.A. mengajak seluruh ulama dan umara bersatu untuk mendeklarasikan pemilu damai, karena Pemilu damai adalah bagian penting dari pesta demokrasi yang tidak boleh kita abaikan di tahun politik ini, semua harus diiringi oleh semangat dan tindakan yang mencerminkan integritas dan kejujuran. Kampanye hitam, fitnah, dan berita palsu adalah hal-hal yang harus kita hindari sepenuhnya. dan Sebaliknya, kampanye harus menjadi sarana pendidikan, tempat di mana visi, misi, dan program kandidat dapat dipaparkan secara jelas dan transparan.

Dengan demikian, proses pemilu akan berjalan dengan lancar, damai dan memberikan hasil yang mencerminkan keinginan sejati dari seluruh rakyat Indonesia, Mari bersama-sama kita membangun masa depan ummat yang lebih baik hari dan seterusnya, ungkap Kyai Didi Supandi.

Bersama kita wujudkan “Dari Timur Untuk Jakarta!



Source link

muidkijakarta.or.id

muidkijakarta.or.id

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jakarta Pusat MUI Kota

Penetapan Awal Dzulhijjah 1440 H Jatuh Hari Jumat Wage

Penetapan Awal Dzulhijjah 1440 H Jatuh Jumat Wage Jakarta/MUI Jakpus – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar sidang itsbat
Jakarta Pusat MUI Kota

Sinergi MUI DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta Cetak Generasi Ulama Muda

Foto Bersama Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta Beserta 5 Ketua Umum dan Pengurus MUI Kotamadya Jakarta Jakarta/MUI Jakarta Pusat